MNC Peduli dan KOIN Peduli Berikan Dukungan kepada Ostomate di Indonesia

Sabtu, 30 Juli 2022

JAKARTA – Ostomate adalah orang dengan kondisi stoma yaitu lubang di perut akibat tindakan operasi pengangkatan laring, sakuran cerna atau saluran kemih. Dengan kondisi tersebut, ostomate diharuskan menggunakan kantong stoma untuk menampung kotoran/ tinja dari tubuh.

Hidup dengan stoma, pastinya tidak mudah karena sangat bergantung dengan kantong stoma setiap harinya, tidak sedikit juga membuat para ostomate menjadi kurang percaya diri dalam menjalani hidup.

Kondisi ostomate di Indonesia masih kurang mendapatkan perhatian masyarakat. Oleh karena itu, MNC Peduli bekerjasama dengan Komunitas Ostomate Indonesia (KOIN) dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ostomate.

Kegiatan ostomathe gathering bertajuk Sinergi #KitaAdadanKitaPeduli “Bersama Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Ostomate Indonesia” diadakan di Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Sabtu (30/7/2022). Gathering ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada ostomate dalam meningkatkan kualitas hidup.

Diharapkan, juga sinergi antara ostomate dengan lingkungan supportnya, seperti dokter, perawat stoma dan juga orang-orang disekitarnya supaya kualitas hidup teman-teman ostomate bisa terjaga dengan baik.

Pembina Yayasan KOIN, dr. Fajar Firsyada mengatakan bahwa kantong stoma sendiri sulit untuk didapatkan, salah satunya karena harganya terbilang mahal.

"Nah ini masalah yang ada pada pasien-pasien stoma, bahwa kantong ini tidak murah, harganya masih cukup mahal," ungkap dr. Fajar Firsyada di kawasan Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Sabtu (30/7/2022).

Maka dari itu KOIN berusaha membantu para penderita ostomate yang kurang mampu. "Sehingga kami dari KOIN itu membentuk komunitas, kita mencari untuk membantu para pasien stoma yang memang kekurangan," ujar dr. Fajar.

Untuk diketahui, harga satu pcs kantong stoma dibanderol sekitar Rp20 ribu hingga Rp30 ribu, ini tergantung merek.

"Tapi saat ini masih dari impor karena itu kita mencari donasi untuk kantong supaya keluarga atau pasien yang stoma di seluruh Indonesia bisa kami support," ujar dr. Fajar Firsyada.

Head of CSR MNC Group Tengku Havid berharap agar masyarakat semakin menyadari bahwa ada kondisi ostomate yang harus diperhatikan. “Kami juga berharap agar teman-teman dengan kondisi ostomate tetap terus bersemangat dan berkarya,” tambahnya.