MNC Peduli Dukung Rumah Baca Krukut Tingkatkan Literasi Anak

Minggu, 7 Agustus 2022

DEPOK – Seorang tenaga pengajar sekolah dasar di Tangerang Selatan, Rahmi mendedikasikan hidupnya untuk memberikan pendidikan terbaik kepada anak-anak.  Diluar profesinya sebagai guru, Rahmi menjalankan rumah baca mandiri guna meningkatkan minat literasi anak.

Kepedulian Rahmi terhadap literasi anak, berawal dari melihat banyaknya anak-anak mulai usia balita hingga remaja di lingkungannya yang bermain setiap harinya tanpa adanya pengarahan secara khusus yang terkait dengan peningkatan pendidikan atau ketrampilan.

Dari situ, munculah ide untuk membuat ruang kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak tersebut. Pada tahun 2021, Rahmi bersama dengan beberapa rekannya sejawatnya membuat sebuah wadah yang dinamakan Rumah Baca Krukut yang berlokasi di Krukut, Limo, Depok, Jawa Barat.

Dengan kondisi keterbatasan, rumah baca ini dibangun di lahan garasi rumah Rahmi. “Dengan ruang yang seadanya dan bermodal buku bacaan anak-anak yang saya punyai maka jadilah tempat untuk anak-anak disekitar lingkungan saya untuk belajar literasi yang mudah dimulai dari membaca buku, membaca estafet bahkan mendongeng dengan buku yang menarik.,” ungkap Rahmi.

Rahmi mengatakan, sejauh ini anak-anak sangat antusias terhadap kegiatan di rumah baca, karena ridak hanya kegiatan literasi namun setiap minggunya juga diadakan aktivitas yang bermanfaat lainnya.

“Kami juga adakan kelas memasak, kerajinan tangan, olahraga bersama hingga percobaan sains. Alhamdulillah sekitar 25 anak ini mereka selalu menanti kegiatan Rumah Baca Krukut,” ujar Rahmi.

Sejalan dengan program #GenerasiCerdasAnakBangsa yaitu dalam membentuk generasi penerus bangsa yang cerdas dan kreatif, MNC Peduli mendukung Rumah Baca Krukut dengan menyalurkan bantuan berupa peralatan perpustakaan untuk mendukung operasional rumah baca tersebut. Bantuan diterima langsung oleh Rahmi dan pengurus rumah baca pada Minggu (7/8/2022).

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, bahwa pihaknya meyakini bahwa pendidikan formal anak juga harus diimbangi dengan mengembangkan soft skill anak maupun pendidikan karakter. “Tentunya, agara dapat membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas tidak hanya pintar secara akademis namun juga cerdas dan kreatif,” jelasnya.

Diketahui, MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial dari MNC Group dan seluruh unit usaha yang terafiliasi. Dalam menjalankan visi-misi, #mncpeduli melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya prasejahtera dan terdampak bencana.

Tiga pilar utama yang dijalankan yaitu sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, termasuk di dalamnya yang terkait dengan pendidikan, lingkungan, dan pembangunan infrastruktur. Simak pula aktivitas dan inspirasi kepedulian serta solidaritas yang diusung MNC Peduli di website mncpeduli.org.