Puluhan Balita Dapat Bantuan Operasi Bibir Sumbing Gratis MNC Peduli di RS TMC Tasikmalaya

Sabtu, 20 Agustus 2022

TASIKMALAYA - Sebanyak 18 balita dari keluarga kurang mampu mendapat bantuan operasi bibir sumbing gratis dari RS TMC Tasikmalaya dan MNC Peduli, yang didukung oleh Smile Train Indonesia (STI), Sabtu (20/8/2022).

Kegiatan bakti sosial ini mendapatkan sambuatan antusias masyarakat. Bantuan operasi bibir sumbing gratis ini sangat dinantikan oleh warga kurang mampu. Apalagi pada kondisi ekonomi sulit saat ini. Jumlah penderita bibir sumbing yang mendaftar cukup banyak.

Sebelum menjalani operasi, mereka harus menunggu antrean screening dan pemeriksaan tim dokter. Tidak  terkecuali Aika Putri (1), anak pasangan Diki (26) dan Intan (27) warga Kampung Bojong Tritura, Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya.

Aika Putri sempat mendapatkan kunjungan langsung dari tim MNC Peduli dan RS TMC Tasikmalaya. Aika dan kedua orang tuanya datang ke RS TMC Tasikmalaya untuk menjalani operasi bibir sumbing bersama belasan pasien lain dari beberapa daerah di wilayah Priangan timur, seperti Garut, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran.

"Dari puluhan pasien yang mendaftar, hanya 20 balita yang bisa menjalani operasi bibir sumbing dan 18 di antaranya lolos pemeriksaan kesehatan awal. Poses operasi ini ditangani oleh dokter spesialis bedah pelastik dan anastesi yang didatangkan oleh MNC Peduli dan RS TMC Tasikmalaya," kata Direktur RS TMC Tasikmalaya dr Ihsan Ramdani.

Ihsan Ramdani menyatakan, para pasien tampak bahagia mendapatkan layanan operasi bibir sumbing gratis. Betapa tidak, jika operasi dengan biaya sendiri, mereka harus mengeluarakan dana belasan hingga puluhan juta rupiah tergantung tingkatan kesulitan bibir sumbing yang diderita pasien.

"Di sini mereka tidak perlu membayar satu rupiah pun untuk dapat menjalani oprasi bibir sumbing. Inilah yang membuat mereka bahagia dan terharu. Bakti sosial ini membantu agar anak-anak bisa kembali tersenyum," ujar dr Ihsan Ramdani.